Sabtu, 20 Oktober 2012

PERKEMBANGAN ISLAM DI EROPA



➔ Islam Agama yang Berkembang Paling Pesat di Eropa
Selama 20 tahun terakhir, jumlah kaum Muslim di dunia telah meningkat secara perlahan. Angka statistik tahun 1973 menunjukkan bahwa jumlah penduduk Muslim dunia adalah 500 juta. sekarang, angka ini telah mencapai 1,5 miliar. Kini, setiap empat orang salah satunya adalah Muslim. Bukanlah mustahil bahwa jumlah penduduk Muslim akan terus bertambah dan Islam akan menjadi agama terbesar di dunia. Peningkatan yang terus-menerus ini bukan hanya dikarenakan jumlah penduduk yang terus bertambah di negara-negara Muslim, tapi juga jumlah orang-orang mualaf yang baru memeluk Islam yang terus meningkat, suatu fenomena yang menonjol, terutama setelah serangan terhadap World Trade Center pada tanggal 11 September 2001. Serangan ini, yang dikutuk oleh setiap orang, terutama umat Muslim, tiba-tiba saja telah mengarahkan perhatian orang (khususnya warga Amerika) kepada Islam. Orang di Barat berbicara banyak tentang agama macam apakah Islam itu, apa yang dikatakan Al Qur'an, kewajiban apakah yang harus dilaksanakan sebagai seorang Muslim, dan bagaimana kaum Muslim dituntut melaksanakan urusan dalam kehidupannya. Ketertarikan ini secara alamiah telah mendorong peningkatan jumlah warga dunia yang berpaling kepada Islam. Demikianlah, perkiraan yang umum terdengar pasca peristiwa 11 September 2001 bahwa "serangan ini akan mengubah alur sejarah dunia", dalam beberapa hal, telah mulai nampak kebenarannya. Proses kembali kepada nilai-nilai agama dan spiritual, yang dialami dunia sejak lama, telah menjadi keberpalingan kepada Islam.

Hal luar biasa yang sesungguhnya sedang terjadi dapat diamati ketika kita mempelajari perkembangan tentang kecenderungan ini, yang mulai kita ketahui melalui surat-surat kabar maupun berita-berita di televisi. Perkembangan ini, yang umumnya dilaporkan sekedar sebagai sebuah bagian dari pokok bahasan hari itu, sebenarnya adalah petunjuk sangat penting bahwa nilai-nilai ajaran Islam telah mulai tersebar sangat pesat di seantero dunia. Di belahan dunia Islam lainnya, Islam berada pada titik perkembangan pesat di Eropa. Perkembangan ini telah menarik perhatian yang lebih besar di tahun-tahun belakangan, sebagaimana ditunjukkan oleh banyak tesis, laporan, dan tulisan seputar "kedudukan kaum Muslim di Eropa" dan "dialog antara masyarakat Eropa dan umat Muslim." Beriringan dengan berbagai laporan akademis ini, media massa telah sering menyiarkan berita tentang Islam dan Muslim. Penyebab ketertarikan ini adalah perkembangan yang terus-menerus mengenai angka populasi Muslim di Eropa, dan peningkatan ini tidak dapat dianggap hanya disebabkan oleh imigrasi. Meskipun imigrasi dipastikan memberi pengaruh nyata pada pertumbuhan populasi umat Islam, namun banyak peneliti mengungkapkan bahwa permasalahan ini dikarenakan sebab lain: angka perpindahan agama yang tinggi. Suatu kisah yang ditayangkan NTV News pada tanggal 20 Juni 2004 dengan judul "Islam adalah agama yang berkembang paling pesat di Eropa" membahas laporan yang dikeluarkan oleh badan intelejen domestik Prancis. Laporan tersebut menyatakan bahwa jumlah orang mualaf yang memeluk Islam di negara-negara Barat semakin terus bertambah, terutama pasca peristiwa serangan 11 September. Misalnya, jumlah orang mualaf yang memeluk Islam di Prancis meningkat sebanyak 30 hingga 40 ribu di tahun lalu saja.

➔ Gereja Katolik dan Perkembangan Islam
Gereja Katolik Roma, yang berpusat di kota Vatican, adalah salah satu lembaga yang mengikuti fenomena tentang kecenderungan perpindahan agama. Salah satu pokok bahasan dalam pertemuan bulan Oktober 1999 muktamar gereja Eropa, yang dihadiri oleh hampir seluruh pendeta Katolik, adalah kedudukan Gereja di milenium baru. Tema utama konferensi tersebut adalah tentang pertumbuhan pesat agama Islam di Eropa. The National Catholic Reporter melaporkan sejumlah orang garis keras menyatakan bahwa satu-satunya cara mencegah kaum Muslim mendapatkan kekuatan di Eropa adalah dengan berhenti bertoleransi terhadap Islam dan umat Islam; kalangan lain yang lebih objektif dan rasional menekankan kenyataan bahwa oleh karena kedua agama percaya pada satu Tuhan, sepatutnya tidak ada celah bagi perselisihan ataupun persengketaan di antara keduanya. Dalam satu sesi, Uskup Besar Karl Lehmann dari Jerman menegaskan bahwa terdapat lebih banyak kemajemukan internal dalam Islam daripada yang diketahui oleh banyak umat Nasrani, dan pernyataan-pernyataan radikal seputar Islam sesungguhnya tidak memiliki dasar.
Mempertimbangkan kedudukan kaum Muslim di saat menjelaskan kedudukan Gereja di milenium baru sangatlah tepat, mengingat pendataan tahun 1999 oleh PBB menunjukkan bahwa antara tahun 1989 dan 1998, jumlah penduduk Muslim Eropa meningkat lebih dari 100 persen. Dilaporkan bahwa terdapat sekitar 13 juta umat Muslim tinggal di Eropa saat ini: 3,2 juta di Jerman, 2 juta di Inggris, 4-5 juta di Prancis, dan selebihnya tersebar di bagian Eropa lainnya, terutama di Balkan. Angka ini mewakili lebih dari 2% dari keseluruhan jumlah penduduk Eropa.

➔ Kesadaran Beragama di Kalangan Muslim Meningkat di Eropa
Penelitian terkait juga mengungkap bahwa seiring dengan terus meningkatnya jumlah Muslim di Eropa, terdapat kesadaran yang semakin besar dalam menjalankan agama di kalangan para mahasiswa. Menurut survei yang dilakukan oleh surat kabar Prancis Le Monde di bulan Oktober 2001, dibandingkan data yang dikumpulkan di tahun 1994, banyak kaum Muslims terus melaksanakan sholat, pergi ke mesjid, dan berpuasa. Kesadaran ini terlihat lebih menonjol di kalangan mahasiswa universitas.Dalam sebuah laporan yang didasarkan pada media masa asing di tahun 1999, majalah Turki Aktüel menyatakan, para peneliti Barat memperkirakan dalam 50 tahun ke depan Eropa akan menjadi salah satu pusat utama perkembangan Islam.

➔ Islam adalah Bagian Tak Terpisahkan dari Eropa
Bersamaan dengan kajian sosiologis dan demografis ini, kita juga tidak boleh melupakan bahwa Eropa tidak bersentuhan dengan Islam hanya baru-baru ini saja, akan tetapi Islam sesungguhnya merupakan bagian tak terpisahkan dari Eropa.
Eropa dan dunia Islam telah saling berhubungan dekat selama berabad-abad. Pertama, negara Andalusia (756-1492) di Semenanjung Iberia, dan kemudian selama masa Perang Salib (1095-1291), serta penguasaan wilayah Balkan oleh kekhalifahan Utsmaniyyah (1389) memungkinkan terjadinya hubungan timbal balik antara kedua masyarakat itu. Kini banyak pakar sejarah dan sosiologi menegaskan bahwa Islam adalah pemicu utama perpindahan Eropa dari gelapnya Abad Pertengahan menuju terang-benderangnya Masa Renaisans. Di masa ketika Eropa terbelakang di bidang kedokteran, astronomi, matematika, dan di banyak bidang lain, kaum Muslim memiliki perbendaharaan ilmu pengetahuan yang sangat luas dan kemampuan hebat dalam membangun.

➔ Bersatu pada Pijakan Bersama: "Monoteisme"
Perkembangan Islam juga tercerminkan dalam perkembangan dialog antar-agama baru-baru ini. Dialog-dialog ini berawal dengan pernyataan bahwa tiga agama monoteisme (Islam, Yahudi, dan Nasrani) memiliki pijakan awal yang sama dan dapat bertemu pada satu titik yang sama. Dialog-dialog seperti ini telah sangat berhasil dan membuahkan kedekatan hubungan yang penting, khususnya antara umat Nasrani dan Muslim. Dalam Al Qur'an, Allah memberitahukan kepada kita bahwa kaum Muslim mengajak kaum Ahli Kitab (Nasrani dan Yahudi) untuk bersatu pada satu pijakan yang disepakati bersama:
Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)." (QS. Ali 'Imran, 3: 64)
Ketiga agama yang meyakini satu Tuhan tersebut memiliki keyakinan yang sama dan nilai-nilai moral yang sama. Percaya pada keberadaan dan keesaan Tuhan, malaikat, Nabi, Hari Akhir, Surga dan Neraka, adalah ajaran pokok keimanan mereka. Di samping itu, pengorbanan diri, kerendahan hati, cinta, berlapang dada, sikap menghormati, kasih sayang, kejujuran, menghindar dari berbuat zalim dan tidak adil, serta berperilaku mengikuti suara hati nurani semuanya adalah sifat-sifat akhak terpuji yang disepakati bersama. Jadi, karena ketiga agama ini berada pada pijakan yang sama, mereka wajib bekerja sama untuk menghapuskan permusuhan, peperangan, dan penderitaan yang diakibatkan oleh ideologi-ideologi antiagama. Ketika dilihat dari sudut pandang ini, dialog antar-agama memegang peran yang jauh lebih penting. Sejumlah seminar dan konferensi yang mempertemukan para wakil dari agama-agama ini, serta pesan perdamaian dan persaudaraan yang dihasilkannya, terus berlanjut secara berkala sejak pertengahan tahun 1990-an.

➔ Kabar Gembira tentang Datangnya Zaman Keemasan
Dengan mempertimbangkan semua fakta yang ada, terungkap bahwa terdapat suatu pergerakan kuat menuju Islam di banyak negara, dan Islam semakin menjadi pokok bahasan terpenting bagi dunia. Perkembangan ini menunjukkan bahwa dunia sedang bergerak menuju zaman yang sama sekali baru. Yaitu sebuah zaman yang di dalamnya, insya Allah, Islam akan memperoleh kedudukan penting dan ajaran akhlak Al Qur'an akan tersebar luas. Penting untuk dipahami, perkembangan yang sangat penting ini telah dikabarkan dalam Al Qur'an 14 abad yang lalu:
Mereka berkehendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang yang kafir tidak menyukai. Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al Qur'an) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai. (QS. At Taubah, 9: 32-33)
Tersebarnya akhlak Islami adalah salah satu janji Allah kepada orang-orang yang beriman. Selain ayat-ayat ini, banyak hadits Nabi kita SAW menegaskan bahwa ajaran akhlak Al Qur'an akan meliputi dunia. Di masa-masa akhir menjelang berakhirnya dunia, umat manusia akan mengalami sebuah masa di mana kezaliman, ketidakadilan, kepalsuan, kecurangan, peperangan, permusuhan, persengketaan, dan kebobrokan akhlak merajalela. Kemudian akan datang Zaman Keemasan, di mana tuntunan akhlak ini mulai tersebar luas di kalangan manusia bagaikan naiknya gelombang air laut pasang dan pada akhirnya meliputi seluruh dunia. Sejumlah hadits ini, juga ulasan para ulama mengenai hadits tersebut, dipaparkan sebagaimana berikut:
Selama [masa] ini, umatku akan menjalani kehidupan yang berkecukupan dan terbebas dari rasa was-was yang mereka belum pernah mengalami hal seperti itu. [Tanah] akan mengeluarkan panennya dan tidak akan menahan apa pun dan kekayaan di masa itu akan berlimpah. (Sunan Ibnu Majah)
… Penghuni langit dan bumi akan ridha. Bumi akan mengeluarkan semua yang tumbuh, dan langit akan menumpahkan hujan dalam jumlah berlimpah. Disebabkan seluruh kebaikan yang akan Allah curahkan kepada penduduk bumi, orang-orang yang masih hidup berharap bahwa mereka yang telah meninggal dunia dapat hidup kembali. (Muhkhtasar Tazkirah Qurtubi, h. 437)
Bumi akan berubah seperti penampan perak yang menumbuhkan tumbuh-tumbuhan ... (Sunan Ibnu Majah)
Bumi akan diliputi oleh kesetaraan dan keadilan sebagaimana sebelumnya yang diliputi oleh penindasan dan kezaliman. (Abu Dawud)
Keadilan akan demikian jaya sampai-sampai semua harta yang dirampas akan dikembalikan kepada pemiliknya; lebih jauh, sesuatu yang menjadi milik orang lain, sekalipun bila terselip di antara gigi-geligi seseorang, akan dikembalikan kepada pemiliknya… Keamanan meliputi seluruh Bumi dan bahkan segelintir perempuan bisa menunaikan haji tanpa diantar laki-laki. (Ibn Hajar al Haitsami: Al Qawlul Mukhtasar fi `Alamatul Mahdi al Muntazar, h. 23)
Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, Zaman Keemasan akan merupakan suatu masa di mana keadilan, kemakmuran, keberlimpahan, kesejahteraan, rasa aman, perdamaian, dan persaudaraan akan menguasai kehidupan umat manusia, dan merupakan suatu zaman di mana manusia merasakan cinta, pengorbanan diri, lapang dada, kasih sayang, dan kesetiaan. Dalam hadits-haditsnya, Nabi kita SAW mengatakan bahwa masa yang diberkahi ini akan terjadi melalui perantara Imam Mahdi, yang akan datang di Akhir Zaman untuk menyelamatkan dunia dari kekacauan, ketidakadilan, dan kehancuran akhlak. Ia akan memusnahkan paham-paham yang tidak mengenal Tuhan dan menghentikan kezaliman yang merajalela. Selain itu, ia akan menegakkan agama seperti di masa Nabi kita SAW, menjadikan tuntunan akhlak Al Qur'an meliputi umat manusia, dan menegakkan perdamaian dan menebarkan kesejahteraan di seluruh dunia.
Kebangkitan Islam yang sedang dialami dunia saat ini, serta peran Turki di era baru merupakan tanda-tanda penting bahwa masa yang dikabarkan dalam Al Qur'an dan dalam hadits Nabi kita sangatlah dekat. Besar harapan kita bahwa Allah akan memperkenankan kita menyaksikan masa yang penuh berkah ini.

A. Perkembangan Islam Di Jerman
1. Sejarah Islam Di Jerman
Sebenarnya islam sudah dikenal oleh bangsa Jerman sejak zaman pendudukan Kekhalifahan Islam di Spanyol. Pada saat itulah kekuasaan dan kemajuan dunia islam disegani oleh bangsa-bangsa Eropa. Andalusia dijadikan pusat pengembangan ilmu pengetahuan dibawah Kekhalifahan Islam. Eropa mulai memasuki abad pertengahan, mereka menyebutnya sebagai zaman kegelapan atau The Dark Age. Memang tepat sekali sebutan tersebut bagi bangsa Eropa pada zaman itu. Ekspansi dan kemajuan besar-besaran Kekhalifahan Islam baik dibidang politik, ekonomi, budaya, dan ilmu pengetahuan jauh melampaui bangsa Eropa. Pada zaman perang salib, peperangan terjadi antara kaum muslim dengan bangsa Eropa, terutama Perancis, Jerman dan Inggris. Setelah perang salib berakhir, toleransi antar agama dan kebudayaan pun berlangsung. Di saat itulah bangsa Eropa termasuk Jerman mulai mengenal lebih jauh tentang Islam. Sastrawan nomor satu di Jerman, Wolfgang von Goethe, adalah seorang pengagum Muhammad saw.
Harian Republika pernah memuat biografi tentang Wolfgang von Goethe pada rubrik dunia islam. Dikatakan pada tulisan tersebut bahwa von Goethe memasukan ajaran-ajaran islam pada hasil karyanya. Tulisan basmallah pun menghiasi buku-buku yang dibuatnya. Pada akhir khayatnya beliau mengucapkan dua kalimat syahadat. Hubungan antara Jerman dan Islam terus berlanjut. Seperti yang diungkap pada harian Medan Waspada, bahwa pada tahun 1739, raja Friedrich Wilhelm I mendirikan sebuah masjid di kota Potsdam untuk tentaranya yang beragama islam, mereka disebut dengan nama pasukan Muhammadaner. Mereka juga diberikan jaminan kebebasan beribadah. Pada Pebruari 1807 pasukan Muhammadaner membantu raja Wilhelm memerangi Napoleon dari Perancis. Bersama pasukan Jerman lainnya, mereka pun memerangi Rusia dan Polandia. Pada satu resimen bernama Towarczy, 1220 tentara beragama Islam dan 1320 tentara lainnya beragama kristen. Pada zaman itu, kaum muslim di Jerman selain menjadi tentara, mereka juga banyak yang menjadi pedagang, diplomat, ilmuwan, dan penulis. Pada saat Perang Dunia Pertama, Jerman kembali bersekutu dengan tentara muslim dari Kekhalifahan Turki. Hal ini membuat komunitas muslim di Jerman bertambah banyak dan makin menguatkan eksistensinya. Lembaga Muslim Jerman sudah berdiri pada tahun 1930. Antara 1933 dan 1945, tercatat lebih dari tiga ribu warga Jerman beragama Islam, dan tiga ratus di antaranya berdarah etnis Jerman.
Sayangnya, pada saat kepemimpinan Hitler dan perang dunia kedua, umat islam terpecah-pecah. Kebebasan beribadah terancam. Sebagian umat islam pergi melarikan diri ke negara balkan. Setelah perang dunia kedua berakhir dengan kekalahan besar yang didapatkan Jerman, hubungan antara Jerman dan umat islam kembali terjalin. Keberadaan Islam di Jerman meningkat pada tahun 1960-an. Akibat perang dunia, negara Jerman hancur berantakan. Jerman membutuhkan banyak tenaga kerja. Para pekerja berdatangan dari Italia, Turki dan Eropa Timur untuk membangun Jerman kembali. Setelah kontrak kerja mereka selesai, para pekerja ini menolak untuk pulang ke negara mereka, bahkan mereka mendatangkan keluarga-keluarganya untuk tinggal menetap di Jerman. Berlin menjadi kota dengan jumlah komunitas Turki terbesar setelah Istanbul. Umat muslim dari Yugoslavia dan Iran pun berdatangan dan menetap di Jerman. Hal-hal tersebut membuat jumlah penduduk yang beragama Islam di Jerman mencapai lebih dari dua juta jiwa pada awal tahun 1990.

2. Pembangunan Masjid Di Jerman
Islam dan aktivitas umat muslim Jerman pada publik, maka dibukalah sekitar delapan ratus (800) masjid di Jerman bagi kalangan non muslim untuk mengenal Islam dan kehidupan umat muslim Jerman.Yang menarik adalah, momentum yang dipakai umat muslim Jerman untuk membuka masjid bagi non muslim itu persis di hari dan bulan Oktober, hari dan bulan di mana diperingati bersatunya Jerman. Sebagai bukti bahwa umat muslim Jerman merupakan komunitas yang tidak terpisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara di wilayahnya.
Masjid-masjid memberi pelayanan dan pemanduan bagi para pengunjung non muslim. Dijelaskan juga kehidupan komunitas muslim warga negara Jerman, aktivitas ekonomi dan informasi-informasi tentang Islam.Tema yang sering ditanyakan oleh non muslim adalah seputar issu “terorisme” yang disematkan Barat terhadap Islam dan umatnya, perihal toleransi, juga tentang persoalan hijab atau menutup aurat bagi muslimah, sebagai identitas yang melekat pada jati dirinya. Dan pada momentum Ramadhan, dimanfaatkan umat muslim untuk mengenalkan bulan Ramadhan, perilaku dan aktivitas umat muslim secara umum dan khususnya pada bulan Ramadhan.

➔ 90 Ribu Pengunjung
Marwan Azawi, selaku juru bicara atas nama Majelis Tinggi Umat Muslim mengatakan: “Dalam moment hari terbukanya masjid bagi non muslim itu, terhitung sekitar sembilan puluh ribu (90 000) pengunjung hadir di antara delapan ratus (800) masjid yang tersebar di seantero Jerman. Mereka adalah para pemerhati dan orang yang simpati dengan Islam.Masing-masing masjid menghadirkan pengenalan Islam dengan cara beragam sesuai yang dibutuhkan para pengunjung. Di antara kegiatan masjid-masjid itu adalah, pameran atau stand pengenalan ajaran Islam, dengan gambar atau alat peraga. Ada yang berupa keliling di masjid, melihat struktur bagunan fisik masjid. Ada yang mengenalkan tata cara shalat, dan kedudukan masjid dalam kehidupan seorang muslim.”
Dan pada momentum bulan suci Ramadhan, masih kata Azawi, masjid-masjid menyediakan ifthor bagi para pengunjung non muslim, dan bagi para shaimin umat muslim Jerman tentunya.”Masjid berfungsi selain untuk tempat peningkatan ruhani, juga berperan strategis bagi penyatuan dan kebersamaan komunitas muslim dengan masyarakat luas. Banyak aktivitas masjid yang mengenalkan kepada putra-putra Islan tentang sejarah bangsanya, menguatkan hubungan mereka dengan negara tempat mereka tinggal, juga pembelajaran bahasa Jerman.”
Di seantero Jerman ada sekitar dua ribu lima ratus (2 500) masjid dan mushalla. Mayoritas masjid dan mushalla itu pengelolanya dari keturunan Turki, yang memang menjadi komunitas muslim terbesar di Jerman.Tercatat, Islam mulai masuk ke Jerman pada tahun 1739 M. Sampai saat ini jumlah komunitas muslim Jerman berjumlah tiga koma dua (3,2) juta jiwa, dari total penduduk Jerman sebanyak delapan puluh dua koma empat (82,4) juta jiwa.Jumlah yang tidak sedikit, dan kualitas yang tidak bisa diremehkan tentunya.

➔ Kongres Anti Islam Di Jerman
Agama Islam yang merupakan minoritas di Eropa kini terus berkembang pesat. Kemajuan perkembangan tersebut ditandai antara lain dengan akan dibangunnya sebuah masjid raya terbesar di Eropa,yang akan di dirikan di Jerman.Perkembangan Islam di Eopa dilihat semakin membahayakan oleh kelompok ekstrim kanan di Jerman. Mereka menentang kemajuan kaum minoritas dengan menyelenggarakan sebuah kongres antiIslam di Jerman. Tetapi kongres ini mendapat protes sekelompok orang lainnya yang menginginkan Islam bisa hidup berdampingan dengan damai di Eropa.
Sebanyak 500 orang ditangkap dalam aksi protes kelompok damai yang mengakibatkan pembatalan pawai kelompok kanan yang menentang pengaruh Islam di Eropa, kata pihak berwenang Jerman, Minggu. Bentrokan di jalan terjadi di sela-sela kongres dua hari yang diadakan orang-orang yang berhaluan ekstrim kanan mengenai dominasi minoritas muslim yang terus meningkat di Eropa dan pembangunan masjid terbesar Eropa di Jerman.Kekerasan yang berlangsung Sabtu malam itu membayang-bayangi protes damai yang akan dilakukan puluhan ribu orang untuk menentang kongres “anti-Islamifikasi”, kata kepala kepolisian Klaus Steffenhagen kepada wartawan.
Dengan membawa spanduk-spanduk yang bertuliskan “Kami penduduk Cologne — Bebaskan diri dari Nazi!”, pemrotes berkumpul di luar kathedral utama kota itu untuk menentang kongres tersebut, yang diadakan oleh kelompok ekstrim kanan setempat Pro-Koeln (Untuk Cologne).Penyelenggara mengatakan, sekitar 40.000 orang mengambil bagian dalam demokstrasi itu, yang menyerukan hidup berdampingan secara damai antara muslim dan non-muslim di Eropa. Seruan itu didukung oleh pemerintah Jerman dan pihak berwenang setempat di kota wilayah barat Jerman itu.Sementara itu, sekitar 150 bar di Cologne berhenti menjual bir lokal Koelsch kepada anggota-anggota Pro-Koeln, dan sejumlah supir taksi dan bis juga menolak mengangkut orang-orang yang akan mengukutikongrestersebut.Satu hotel bahkan membatalkan pemesanan yang dilakukan oleh “orang-orang yang tidak dikehendaki”. Seorang tokoh ternama partai Hijau, Volker Beck, menyambut baik “kemenangan masyarakat sipil terhadap kelompok kanan jauh”.Pro-Koeln memulai seminar dua hari Jumat dimana sekitar 300 peserta dari penjuru-penjuru Eropa mengecam “invasi imigran” muslim ke benua tersebut.
Sebelumnya Sabtu, polisi melarang pawai keliling yang diadakan oleh pengikut sayap kanan di Cologne, beberapa saat sebelum demonstrasi itu dimulai, setelah terjadi bentrokan-bentrokan keras dengan pemrotes tandingan. Pro-Koeln memliki lima wakil terpilih di dewan kota lokal dan berusaha mengincar posisi-posisi resmi lain di kawasan tersebut.

B. Perkembangan Islam Di Perancis

A. Sejarah Islam Di Perancis

Dalam perang dunia I dan II, umat Islam di Eropa tercatat turut menentang pendudukan Nazi. Keikut sertaan umat Islam dalam menentang pendudukan Nazi tersebut, menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah perjuangan kemerdekaan Perancis. Tahun 1922, Masjid Raja Yusuf didirikan. Di Paris pemerintah memberikan izin mendirikan sebuah masjid. Islam kini menjadi agama resmi yang diakui pemerintah. Sekarang jumlah muslim di perancis adalah 5 juta jiwa lebih, dengan jumlah tersebut negara Perancis adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di Eropa. Menyusul setelah Perancis adalah Jerman dengan penduduk muslim sebesar 4 juta jiwa lalu Inggris sebanyak 3 juta jiwa penduduk muslim. Pada tahun 1960-an Perancis menyaksikan hijrahnya para buruh arab besar-besaran yang datang dari negara-negaa Islam. Khususnya negara-negara arab Maghribi (Aljazair, Libya, Maroko, dan Mauritania). Peristiwa itu dikenal dengan nama imigrasi kaum buruh. Sebagai pengaruhnya, Islam mulai masuk ke pelosok Perancis ditengah-tengah masyarakat buruh.Semenjak itu jumlah umat Islam mengalami kenaikan, barisan bertambah kuat, mereka behasil mendirikan organisasi kekeluargaan , tetapi akhirnya penguasa Perancis melarangnya karena mereka tidak ingin membuka peluang akan akan terciptanya pengotakan-kotakan masyarakat kedalam beberapa kelompok etnik. Larangan menerima imigran arab pun diberlakukan. Meskipun begitu, minat untuk berpindah ke Perancis tidak menurun di kalangan muslim.
Pintu kearah sana semakin terbuka. Pada tahun 70-an kembali imigran muslim menyerbu negara kelahiran pencetus trias politica itu. Kali ini, bagian pelajar muslim yang bertolak ke Perancis untuk menuntu ilmu. Kedatangan para pelajar ini menjadi faktor penting yang mengambil peran besar dan penting dalam mendorong penyebaran Islam dan berkehidupan Islam di jantung negeri Napoleon Bonaparte ini. Tahun 1985, diselenggarakan konferensi besar Islam yang dibiayai Rabithah Alam Islami. Turut serta dalam konferensi itu 141 negara Islam, dengan keputusan mendirikan Federasi Muslim Perancis. Peristiwa besar ini tidak luput dari perhatian dunia, mengingat kehadiran umat Islam di salah satu negara Eropa selalu menjadi dilema bagi para penguasa setempat, masalah tenaga kerja dan kerentanan sosial yang lebih jauh. Dengan terbentuknya federasi tesebut yang mempersatukan 540 buah organisasi Islam di seluruh Perancis dan melindungi 1600 buah Masjid, lembaga-lembaga pendidikan Islam, ditambah gedung-gedung lain, shaf umat Islam nampaknya bertambah kokoh. Yang lebih menggembirakan lagi, anggota federasi yang menjalankan roda organisasi, kebanyakan justru berasal dari kaum muda-mudi muslim berkebangsaan Perancis sendiri. Tujuan federasi tersebut diantarannya agar federasi memiliki peran dalam berbagai kegiatan keislamam diPrancis
.Setelah bertahun-tahun mendapatkan legalisasi pemerintah, umat Islam Perancis akhirnya berhasil mendirikan suatu lembaga resmi. Lembaga tersebut mempunyai fungsi sebagai jembatan antara pemerintah dan umat Islam di sana terutama dalam menyuarakan kepentingan umat Islam. “Dengan kesepakatan ini, umat Islam punya hak yang sama enan umat Katholik, Yahudi, dan Protestan.“ Kata menteri dalam negeri Nicolas Sarkozy. Organisasi itu merupakan gabungan dari tiga organisasi besar Islam di Perancis, yakni Masjid Paris, Federasi Nasional Muslim dan Persatuan Organisasi Islam Perancis. Di negara mode ini pernah didera isu jilbab beberapa tahun lalu yaitu dimulai tahun 1989. Pelajar muslimah dikeluarkan dari kelas karena memakai jilbab, pekerja muslimah dipecat dari kantornya karena mengenakan jilbab. Namun mereka tidak diam menyerah begitu saja. Lalu umat Islam Perancis menggoyang Paris dengan aksi-aksi demo menuntut kebebasan. Akhirnya pemerintah meneluarkan kebijaksanaan pada tanggal 2 Nopember 1992 yang memperbolehkan para siswi muslimah untuk mengenakan jilbab di sekolah sekolah negeri. Sekarang tampilnya wanita-wanita berjilbab di Perancis menjadi satu fenomena keislaman yang sangat kuat di negeri tersebut. Mereka bukan hanya hadir di Masjid-masjid atau pusat-pusat keagamaan Islam lainnya, melainkan di juga di sekolah-sekolah negeri, perguruan tinggi negeri, dan tempat-tempat umum lainnya.

B. Di Prancis 3.600 Orang Masuk Islam Setahun

Perkembangan Islam di Prancis sangat pesat. Dalam kurun waktu setahun sebanyak 3.600 orang Prancis memeluk agama Islam. Perkembangan ini menjadi perhatian kaum non-Islam di Prancis belakangan ini.
Pimpinan Departemen Agama Prancis Didier Yeshi menjelaskan, dalam waktu sehari tercatat 10 orang memeluk agama Islam. Dan, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir tercatat 60 ribu orang masuk Islam.
Yeshi menambahkan, setelah terjadi migrasi besar-besaran di Benua Eropa, terjadi perubahan gen manusia dan suku bangsa pada benua ini. Begitu pula dengan agama, terjadi perubahan pemeluk agama. Itulah yang terjadi di Prancis yang merupakan salah satu negara terpenting di Eropa. Islam kini menjadi agama terbesar kedua di negara ini dalam masa sepuluh tahun. Di samping itu, sekarang Islam adalah agama yang paling cepat penyebarannya.




C. Pembangunan Masjid Di Perancis


Jumlah mesjid di Perancis terus meningkat. Sampai akhir tahun 2003, jumlah mesjid di seantero Perancis mencapai 1.554 mesjid, mulai dari yang berupa ruangan sewaan di bawah tanah, sampai gedung yang dimiliki oleh warga muslim dan dibangun tempat-tempat umum. Demikian salah satu hasil survey yang dilakukan kelompok Muslim Perancis baru-baruini.
Perkembangan mesjid di Perancis juga ditulis oleh seorang wartawan Perancis, yang juga pakar tentang Islam, Xavier Ternisien dalam buku terbarunya. Ternisien menuliskan, di kawasan Saint Denis, sebelah utara Perancis, terdapat kurang lebih 97 mesjid. Sementara di selatan Perancis, terdapat 73 mesjid.
Dalam bukunya Ternisien juga menuliskan, mesjid-mesjid yang banyak berdiri di Perancis dengan kubahnya, menunjukkan bahwa Islam kini makin mengemuka di negara itu. Islam di Perancis bukan lagi agama yang dimasa lalu bergerak secara diam-diam. Mesjid-mesjid yang ada di Perancis, kini bahkan dibangun atas tanah milik warga Muslim sendiri, bukan lagi di tempat sewaan seperti pada masa lalu.
Seiring dengan perkembangan Islam di Perancis, jumlah mesjid di negara itu diperkirakan akan terus bertambah. Mesjid yang ada sekarang, terkadang tidak bisa menampung semua jamaah. Mesjid di kawasan Belle Ville dan Barbes misalnya, kalau sedang penuh, para jamaah di mesjid itu terpaksa harus sholat sampai ke pinggiran jalan.
Sejarah berdirinya mesjid-mesjid di Perancis, dipelopori oleh orang Pakistan, yang bekerja di pabrik-pabrik di Perancis. Mereka mengubah ruangan kecil tempat makan siang atau berganti pakaian, menjadi ruangan untuk sholat. Terkadang mereka menggunakan ruangan di asramanya sebagai sarana ibadah.
Jumlah Muslim di Perancis makin bertambah pada tahun 1980 an, setelah Perancis mengijinkan para pekerja asal Afrika Utara membawa keluarga mereka untuk tinggal di Perancis.
Banyak hal yang mempengaruhi perkembangan Islam di Perancis. Salah satunya Perang Teluk 1991, yang menyebabkan munculnya krisis identitas di kalangan kalangan anak muda muslim di Perancis. Kondisi ini, mendorong mereka lebih rajin datang ke mesjid. Gerakan Intifada di Palestina, juga mendorong makin banyaknya Muslim Perancis yang beribadah ke mesjid.
Meski perkembangannya cukup pesat, mesjid-mesjid di Perancis masih sering menjadi sasaran serangan yang berbau rasisme. Masa suram mesjid di Perancis terjadi pada tahun 2001. Sejumlah mesjid di Perancis pada saat itu, menjadi sasaran serangan dengan menggunakan bom molotov, bahkan ada mesjid yang dibakar. Bentuk serangan lainnya adalah menggambari dinding-dinding mesjid dan dinding rumah imam-imam mesjid dengan lambang swastika. Namun sejauh ini, belum ada organisasi hak asasi manusia maupun asosiasi Muslim yang mempersoalkan serangan-serangan itu.



C. Perkembangan Islam Di Inggris
A. Inggris Khawatir Perkembangan Islam
Perkembangan Islam yang meningkat cukup drastis dan berdasarkan data nama Muhammad di akhir tahun adalah nama yang terbanyak dipakai di Inggris, koran dan majalah Inggris mulai menggerakkan isu menentang kaum muslimin.
Majalah Time out terbitan London dalam nomor terbarunya mencetak covernya dengan bahasa Arab dengan nada tanya, Apakah masa depan London di tangan Islam? Isinya sendiri menunjukkan ketidaksetujuannya dengan pertambahan jumlah penduduk muslim di negara ini.
Gordon Thomson Pimred majalah ini berusaha memberikan alasan mengapa ia memilih tema ini. Menurutnya Islam salah satu agama terbesar di dunia. Dan di antara kelompok minoritas di ibu kota Inggris, kaum muslimin punya tingkat pertambahan penduduk paling tinggi. Oleh karena itu, perlu menggerakkan kalangan non muslim untuk menghadapi kaum muslimin.
Ia memberikan data bahwa pada tahun 2001 jumlah penduduk muslim di London adalah 607 ribu, saat ini lebih dari 1 juta setengah penduduk London adalah muslim dari berbagai ras dan dari negara-negara yang beragam. Ia mengingatkan bahwa peningkatan pertambahan penduduk ini membahayakan Inggris. Ia menambahkan, Kota London pada masa yang akan datang akan menjadi kota Islam. Ia meminta kepada non muslim agar melakukan aktivitas yang dapat menghambat lajunya pertambahan penduduk muslim ini.
Majalah ini dalam sebuah makalahnya yang mencoba menyentuh isu SARA dibuat judul seperti ini, “Mengapa London perlu Islam?” Dalam makalah ini diramalkan pada tahun 2021 akan terjadi revolusi Islam dan digambarkan suasana waktu itu. Gambaran London yang Islam pada tahun 2021 dibuat sedemikian rupa di mana ribuan orang sebelum revolusi itu terjadi di London berkumpul di depan Pusat Pendidikan Hukum Islam yang diresmikan beberapa Minggu kemarin oleh Pangeran Charles.
Penulis artikel itu menjelaskan bahwa Islam di Barat bukan sesuatu yang asing. Jumlah umat Islam setelah berakhirnya perang dunia ke dua sekitar 160 juta jiwa.Majalah ini dalam 4 halaman lainnya memuat sebuah artikel dengan judul “Agama masa depan”. Dalam tulisan ini dimuat pendapat 6 orang mengenai London di masa depan.
Berita seperti ini muncul setelah hari Rabu kemarin majalah mingguan Times London berdasarkan pusat data resmi pemerintah yang mengumumkan nama Muhammad berada diurutkan kedua dan akhir tahun ini diperkirakan berada diurutkan pertama.[infosyiah]
Pendeta Inggris, Michael, pada Sabtu (31/5), mengingatkan kepada kaum Nasrani di Inggris untuk mewaspadai perkembangan Islam yang sangat pesat. Karena, Islam adalah ancaman yang paling berbahaya bagi agama Nasrani.
Dalam penjelasannya kepada majalah Daily Telegraf pada Kamis (29/5), Pendeta Michael, menyatakan, "Hari ini agama Nasrani mengalami banyak kemunduran. Agama Nasrani kurang memberi pengaruh kepada masyarakat, kurang bisa memberi solusi pada keluarga yang sedang rusak, dan sebagainya. Sedangkan Islam dapat menutupi kelemahan yang ada pada agama Nasrani. Sehingga, tak sedikit kaum Nasrani yang masuk Islam lantaran tidak mendapatkan solusi pada agama Nasrani. Hal ini harus diwaspadai oleh kaum Nasrani, karena ini adalah ancaman."

Menteri Dalam Negeri Inggris, Jackie Smith, pada kunjungannya ke Pakistan pada bulan April yang lalu menegaskan, sedikitnya dua juta jiwa kaum muslimin di Inggris saat ini.


B. Imam Besar Masjid Birmingham Ceramah di UMY
“Islam di Inggris berkembang sangatlah bagus. Islam agama yang damai, dan sejahtera tidak ada kata perkelahian, hingga pembunuhan di setiap ajarannya. Saat masyarakat Inggris ramai membicarakan tragedi 9 September (World Trade Center di Washington), yang mengaitkan agama Islam dengan terorisme. Alhamdulillah muslim di Inggris tidak dikaitkan dengan terorisme, masyarakat Inggris pada umumnya mengenal agama Islam adalah agama yang tidak pernah mengajarkan kekerasan, dan jauh dari pembunuhan”, kata Syeh Shouaib Ahmed, imam besar masjid Birmingham (Inggris), saat memberikan ceramah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada waktu yang lalu.
Shouaib Ahmed yang pertama kali datang ke Indonesia saat tragedi tsunami Aceh mengatakan, Islam mulai hadir di Inggris pada tahun 1982, yang sejarahnya sama dibawa oleh para pedagang saat berkunjung ke Inggris. 26 tahun Islam berkembang di Inggris, dua hingga tiga masjid dibangun oleh umat muslim di setiap tahunnya, tambahnya. UMY merupakan lokasi kunjungan keduanya di Indonesia. Tujuan Shouaib Ahmed datang ke UMY yang diundang resmi oleh Ma’arif Institute, adalah menjalin silaturahmi, dan membangun persatuan dan kesatuan antar umat muslim di seluruh negara. Shouaib mengatakan, kedatangannya ke Indonesia kembali ingin mengetahui seberapa besar umat Islam di Indonesia, lewat organisasi Muhammadiyah. Dia mengenal Muhammadiyah adalah organisasi terbesar di Indonesia, yang mengajarkan ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW.
Pria yang datang ke UMY, sekaligus menjadi imam pada Sholat Jum’at (7/11) di Masjid K. H. Ahmad Dahlan UMY memberikan informasi mengenai perkembangan Islam di Inggris saat ini, “muslim di Inggris sebesar 2,5 juta orang, terbagi kedalam beberapa profesi yang terkait langsung dengan hubungan kenegaraan, yaitu 2 menteri muslim yang menduduki menteri di kerajaan Inggris, 10% dokter di Inggris adalah muslim, 8% menjadi jaksa yang disegani oleh masyarakat Inggris, dll”. Terkait dengan Ahmadiyah yang menganggap bahwa ajarannya sesat, Dia mengatakan, setelah ada keputusan dunia bahwa Ahmadiyah itu sesat tidak ada yang mempermasalahkan ajaran Ahmadiyah tersebut, umat muslim di Inggris biasa-biasa saja menanggapi keputusan tersebut, kami saling menyapa, dan tebar senyum ke setiap orang.
Di akhir ceramah yang diikuti oleh semua karyawan, dan civitas akademika UMY, Shouaib Ahmed mengatakan dahulu Islam di Inggris terbagi menjadi empat golongan muslim, dan mereka sholat di masjid masing-masing golongan tersebut. Alhamdulillah sekarang ini sudah terbentuk Association Muslim of United Kingdom, tidak ada lagi perbedaan mengenai ajaran Islam, dan mereka dapat sholat bersama, ujarnya. Sebaiknya Islam di seluruh dunia bersatu untuk menciptkan kedamaian. Di Inggris, ketika satu orang muslim dianiaya, 100 orang muslim akan membantunya, hanya agama Islam yang mengajarkan kebersamaan, karena setap muslim adalah saudara, tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar